Perbedaan Kertas Art Paper dan Art Carton


Haiii sobat percetakan.... tau kah anda soal kertas art paper sama art carton? kadang kita dibuat pusing karena kedua kertas ini sama-sama punya kemiripan serta fungsi dan kegunaanya hampir sama, 
Nahhh buat sobat percetakan mimin mau ngasih tau perbedan kedua kertas ini biar kalian tidak pusing untuk kebutuhan anda buat menghasilkan hasil yang bagus kita harus tau dulu mana kertas yang cocok buat ini dan mana kertas cocok buat itu dan juga harus tau fungsi dan perbedaan kertas ini. simakk terus di blog ini ok. 


Perbedaan kertas Art Paper dan Art Carton


1. Karakteristik Kertas

    Kertas art paper dan art carton memiliki kesamaan yaitu lapisan mengkilap dan licin sehingga membuat kedua kertas ini memiliki kesan mewah. Kertas art carton memiliki lapisan yang lebih tebal di bandingi dengan art paper, hal ini dapat memangaruhi fungsi dan juga gramasi kertas nya. Umumnya ketebalan kertas arp carton sekitar 190gsm - 320gsm , lalu ketebalan kertas art paper umumnya sekitar 85gsm - 150gsm 

2. Kemampuan Kertas

    Kertas art carton cocok di gunakan sebagai hard cover buku karena memiliki lapisan tebal sehingga dapat melindungi isi buku, sebaliknya kertas art paper cocok digunakan sebagai isi buku karena selain memiliki lapisan yang ringan lapisan art paper juga memiliki pori-pori yang rapat sehingga membuat hasil cetak menjadi sangat cerah.

3. Fungsi kertas

    Kertas art carton biasanya digunakan sebagai cover majalah, cover buku, kartu nama, undangan, dan kartu ucapan
    Kertas art paper biasanya digunakan sebagai isi majalah, poster, brosur, company profile, kalender, dan isi buku bergambar.


Jadi, Manakah Yang Lebih Baik?

Sudah jelas bukan perbedaan antara art carton dan art paper? Seperti yang sudah dijelaskan, keduanya memiliki karakteristik yang sama, namun art carton lebih tebal jika dibandingkan dengan art paper.

Jika anda bertanya manakah yang lebih baik, jawabannya disesuaikan dengan tujuan penggunaanya. Jika anda ingin membuat kalender, poster, katalog produk, dan lainya yang tidak membutuhkan kertas yang tebal, sebaiknya anda menggunakan kertas art paper.

Jika anda membuat kartu nama, product tag, hang tag dan produk berbahan tebal  lain maka anda sebaiknya menggunakan art carton. Bagaimana? Mudah bukan untuk perbedaan art paper dan art carton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 macam jenis bahan kertas yang ada di percetakan