10 macam jenis bahan kertas yang ada di percetakan

 haiii sobat update......... tau kah anda melihat atau mendengar soal kertas yang ada temui sehari-hari dan tahu kah apa nama kertas tersebut? dan tahu kah ketika kamu jumpai di percetakan kamu melihat berbagai macam kertas tapi kamu gak tau apa bahan kertas itu serta apa pungsi kertas itu? bingungkan?

Ok.......... banyak banget persoalan kertas yang anda temui di percetakan dari kertas paling halus sampai kertas paling kasar juga ada, tapi kalian tidak tau apa saja jenis kertas nya. nihhh mimin mau ngasih tau beberapa jenis bahan kertas biar kalian tak bingung buat memilih kertas buat kebutuhan sekolah,kerja dan lainnya simak terus yahh.....

10 macam jenis bahan kertas

1. Kertas Art Paper 




        Kertas art paper merupakan kertas yang memiliki permukaan yang mengkilap dan mempunyai ketebalan 100gr - 310gr . kertas ini cocok buat yang mau membuat kalender, brosur, poster, isi majalah, dan flayer. 

2. Kertas HVS
         Kertas ini sudah tidak asing kalian mendengarnya atau melihatnya karena kertas ini banyak di butuhkan di kalangan pelajar maupun pekerjaan kantoran . HVS murupakan singkatan dari Hout Virj Schrijfpapier yang artinya "kertas tulis bebas serat kayu" kertas ini cocok buat bahan fotocopy dan printing karena memiliki bahan tipis. Kertas HVS mempunyai berbagai ukuran dari A5, B5, A4, Q4 ,F4, dan A3 Dan bukan hanya ukuran saja kertas HVS ini juga berbagai macam warna ada Hjau, Merah, Biru dan kuning, pada umumnya kertas ini miliki gramatur 70gsm - 80gsm.

 3. Kertas Duplex


            Kertas satu ini merupakan jenis kertas yang paling mudah di kenal  dan sering di jadikan sebagai bahan pembuatan kardus makanan sebagai kemasan nasi kotak, kotak kueh, bahkan juga di pakai kemasan obat-obattan. Kertas ini memiliki ciri yang kertas nya terdapat dua sisi berbeda yaitu satu sisi berwarna putih dan satu sisinya berwarna coklat. Kertas Duplek ini juga mempunyai dua gramatur yaitu 210gr - 400gr.


4. Kertas BC ( Brief card )


        Kertas BC atau bisa disebut juga kertas manila yang memiliki banyak warna di antaranya Hijau, Merah, Biru, Kuning dan juga Putih atau warna yang lainnya. Gramatur dari kertas ini dari 160gr - 250gr, Kertas ini awalnya di gunkana sebagai kertas cetakan di sekolah atau kantor tapi saat ini kertas BC banyak dijadikan sebagai kertas cetakan, Bahan undangan, Kertas absensi dan kartu stok.

 

5. Kertas Stiker


          Kertas stiker ini sangat cocok di cetak saat full color karena kertas ini banyak jenisnya seperti stiker Vinly, Bontak, HVS, Yupo, Gold foil, Cromo, Oracal, dan Scotchlite


6. Kertas Glossy

           Kertas satu ini murupakan kertas yang memiliki permukaan kertas warna putih yang mengkilap dan halus permukaan kertas ini dilapisi Coating glossy yang memiliki grametur dari 180gr - 230gr. Kertas Glossy atau glossy paper ini sangat cocok buat cetak Foto.

7. Kertas Ivory


        Kertas satu ini perlu di ketahui jenis kertas ivory memiliki ciri yang hampir sama mirip dengan kertas art carton, art paper, perbedaannya dengan permukaan kertas ini hanya ada satu sisi yang mengkilap dan sisi yang lain doff dan terdapat pada warna, warna kertas ivory biasanya tidak seputih dan secerah kertas art paper atau art carton. Gramatur buat kertas ini dari 210gr - 4000gr. Biasanya kertas ini di pakai buat Poster, Pengemas makanan ( box ) , atau pengemas kosmetik.

8. Kertas Buffalo
        Kertas Baffalo ini mempunyai karakteristik kertas yang bertekstur  kasar yang membuat kertas ini jelas apabila di liat mata. kertas yang memiliki ketebalan yang lebih tebal ini di bandingkan dengan kertas HVS, Ketebalan kertas ini beragam jenis nya mulai dari paling tipis 150gr sampai paling tebal yaitu 250gr. Kertas ini biasanya di gunakan untuk bahan jilid atau hard cover.

9. Kertas Samson Kraft

        Jenis kertas selanjutnya yaitu kertas samson kraft yang kertasnya merupakan hasil dari daur ulang yang berwarna coklat dan memiliki permukaan licin, Kertas ini memiliki kesan yang celasic ini menjadikan kertas ini banyak digunakan sebagai paper bag sehingga menghasilkan penpilan yang lebih menarik, Gramatur yang sering di gunakan kertas ini yaitu 70gr - 80gr sebagai bahan pas kertas hang tag, sampul buku, atau sampul kado kertas ini memiliki warna coklat muda dan colkat tua.

10. Kertas Board Paper


        Board paper merupakan jenis kertas yang bisa digunakan sebagai bahan cover buku atau papan pengumuman di sekolah maupun di kantor, kertas ini memiliki ketebalan kertas yang kaku ketebelannya juga berpariasi dari 0,4mm - 4,3mm. warna dari kertas ini tersedia warna colkat dan warna kuning saja

Nahh itulah 10 jenis macam bahan kertas yang sering anda liat di percetakan gimna sudah gak bingung lagi untuk memilih kertas buat bahan tudas sekolah atau bahan kerjaan di kantor?

Nahh....di percetakan kami yaitu di kenanga kreasindo juga ada lohh macam-macam yang di atas kunjungi aja di kenang kreasindo untuk info lebih lanjunya lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Kertas Art Paper dan Art Carton